Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2012

Graphics

1. Komponen grafis merupakan unsur yang mendominasi sebuah presentasi multimedia → “a picture is worth a thousand words” 3. Jenis-jenis  graphics :          a. Backgrounds          b. Photos.         c. Grafik  3-dimensi         d. Charts  (graphs)         e. Flow  chart          f. Organizational  charts          g. Buttons  2. Kegunaan grafis dalam aplikasi multimedia : a. Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kosep-konsep b. Chart → untuk ilustrasi dan meringkas data-data numerik c. Warna , bakground dan icon untuk menyediakan keseragaman dan keberlanjutan dalam aplikasi d. Integrasi dari text, photo, dan grafik untuk mengekspresikan konsep, informasi atau suasana hati e. Menunjukkan image dan budaya perusahaan f. Simulasi dari lingkungan yang ada g. Menjelaskan proses h. Menjelaskan struktur organisasi i. Ilustrasi dari lokasi.

APLIKASI dan PENERAPAN MULTIMEDIA

Aplikasi Multimedia dalam Bidang Pelatihan dan Pendidikan       Menurut Sutopo (2003 : 23), komputer multimedia mulai mendapat perhatian pada saat digunakan untuk pelatihan atau pendidikan dari satu keadaan ke keadaan lain dengan siswa. Presentasi multimedia dapat menggunakan beberapa macam teks, chart, audio, video, animasi, simulasi atau foto. Bila macam-macam komponen tersebut digabungkan secara interaktif, maka menghasilkan suatu pembelajaran yang efektif.       Siswa dapat memilih materi pelajaran yang diinginkan dan komputer dapat memantau kemajuan proses belajar siswa. Presentasi khusus dibuat untuk melengkapi materi tersebut. Karena memerlukan bermacam-macam interaktif, pembuatan aplikasi pelatihan melakukan perangkat lunak yang berbeda dibandingkan dengan presentasi bisnis. Multimedia untuk pelatihan juga sangat efektif, berarti bahwa untuk mengembangkan aplikasi training lebih sulit dan kompleks dibandingkan dengan presentasi. Namun, dengan perangkat lunak yang tepat, dapat

OBJEK MULTIMEDIA

Objek Multimedia Menurut Sutopo (2003 : 8), objek multimedia terbagi menjadi : 1. Teks Menurut Sutopo (2003: 8), Hampir semua orang yang biasa menggunakan komputer sudah terbiasa dengan teks. Teks merupakan dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia. Dalam kenyataannya multimedia menyajikan informasi kepada audiens dengan cepat, karena tidak diperlukan membaca secara rinci dan teliti. Menurut Hofstetter (dalam http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia2.pdf) adalah kebanyakan sistem multimedia dirancang dengan menggunakan teks karena teks merupakan sarana yang efektif untuk mengemukakan ide-ide dan menyediakan instruksi-instruksi kepada user (pengguna). 2. Image Menurut Sutopo (2003 : 9), secara umum image atau grafik berarti still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. 3. Animasi Menurut Sutopo (2002: 2), animasi adalah pembentukan gera

PROGRAM PENGOLAH GRAFIS

Program Pengolah Grafis Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya. 1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout) Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah: - Adobe FrameMaker - Adobe In Design - Adobe PageMaker - Corel Ventura - Microsoft Publisher - Quark Xpress 2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah: - Adobe Illustrator - Beneba Canvas

KATEGORI DESAIN GRAFIS

Kategori Desain Grafis Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori: 1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis. 2. Web Desain: desain untuk halaman web. 3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi. 4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental  Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman. 5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

DESAIN GRAFIS

      Desain Grafis : adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas  suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan packaging, perfilman, dan lain-lain.  Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis yang saya ambil dari  situs http://id.wikipedia.org/       Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan  perusahaan, dan lingkungan grafis, desain in

Sistem Multimedia

SISTEM MULTIMEDIA A multimedia sys t em is any system which suppor t s more than a sing l e kind of media [AHD 1991]. Sistem Multimedia adalah berbagai sistem yang didukung lebih dari satu jenis media. Bagaimana sistem bisa disebut sebagai s i stem multimedia? 1. Kombinasi Media Sistem disebut   s i stem   multimedia   j ika   kedua   jenis   media   (continuous/ discrete) dipakai.    Contoh media d i skrit :  teks dan gambar, dan med i a kontinu adalah audio dan v i deo. 2. Independence Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut.   Sistem   disebut   sistem   m u ltimedia   j ika   tingkat   ketergantungan/ keterkaitan antar media tersebut rendah. 3. Computer-suppo r ted Integration Sistem harus dapat melakukan pemros e san yang d i kontrol o l eh komputer. Sistem dapat d i program o l eh system programmer/ user. Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi: 1. Sistem Mul

KEMAMPUAN MULTIMEDIA

MENGAPA MULTIMEDIA? Multimed i a dapat digunakan dalam: 1. Bidang periklanan yang efektif dan interakt i f 2. Bidang   pendid i kan   dalam   penyampaian   bahan   pengajaran   secara interaktif dan dapat   mempermudah pembelajaran karena did i dukung oleh berbagai aspek: suara, v i deo, an i masi, teks, dan grafik 3. Bidang   j aringan   dan  internet   yang  membantu  da l am  pembuatan website yang menarik, informatif, dan interakt i f Menurut riset Computer Technology Research (CTR): 1. Orang mampu mengingat 20% dari yang di l ihat 2. Orang mampu mengingat 30% dari yang d i dengar 3. Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat 4. Orang   mampu  mengingat  30%   dari   yang   didengar,  dilihat,   dan dilakukan. Multimed i a mampu: 1. Mengubah mengubah tempat kerja .   Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat   melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software   yang  men