Tablet PC





Tablet PC

     Tablet PC adalah laptop - atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer.
Istilah ini dipopulerkan oleh Microsoft pada tahun 2001, tetapi PC tablet sekarang mengacu pada setiap komputer pribadi yang berukuran tablet, pun jika tidak menggunakan Windows melainkan sistem operasi PC yang lain. Tablet dapat menggunakan papan ketik virtual dan pengenalan tulisan tangan untuk input teks melalui layar sentuh.
Seperti komputer portabel lain, ukuran yang lebih besar membawa kegunaan menjadi lebih mudah namun portabilitas yang lebih rendah dan kebutuhan tenaga yang lebih tinggi. Untuk komputer tablet saat ini, (bukan tablet PC) ukuran umum adalah 10 "(Digunakan oleh iPad) atau 7" (Digunakan oleh banyak tablet Android). Banyak pembuat tablet PC memiliki standar pada format layar lebar 12", dengan resolusi 1280x800 piksel. T5010 Fujitsu memiliki display lebih besar, 13,3", tapi masih berjalan pada resolusi 1280x800 pixel.

Tablet VS Notebook

ipad-vs-notebook
Tablet VS Notebook
      Konsep komputer seiring dengan waktu yang berjalan telah berubah. Dulu jika dibayangkan, komputer hanya berupa kotak yang kaku dan dilengkapi keyboard, lain halnya sekarang. Komputer sekarang memiliki bentuk yang beragam, termasuk dalam bentuk tablet dengan layar sentuhnya. Meningkatnya popularitas tablet PC ini malah dituding sebagai penyebab melambatnya pertumbuhan penjualan notebook dan netbook. Padahal, rata-rata vendor dan media memosisikan tablet PC ini sebagai komputer kedua, sebagai pelengkap laptop atau notebook.
          Tapi di sisi konsumennya sendiri, sering muncul kebingungan antara membeli tablet PC atau notebook. Ditambah gencarnya aksi penjual yang mempromosikan barang dagangannya, alhasil terkadang konsumen jadi kurang puas gara gara salah beli. Maka dari itu, untuk memaksimalkan produk yang akan dibeli, ada caranya,


1.Kenali kebutuhan

       Meski sama-sama dalam spesies komputer, tablet dan notebook itu dirancang untuk cara penggunaan dan tujuan yang berbeda. Bahkan, sesama tablet PC pun juga berbeda OSnya. Perbedaan ini membuat aplikasi atau software yang digunakan otomatis juga berbeda.Perbedaan mendasar lainnya terletak pada penggunaan keyboard, jika tablet PC cenderung layar sentuh, maka untuk seorang typist lebih cocok menggunakan notebook saja. Jadi sesuaikan kebutuhan saja.


2.Hitung dananya

       Begitu sudah mengenali kebutuhan, kini kita bicara tentang budget yang dimiliki cukup. Jika ingin membeli diantara keduanya jangan dilupakan tentang aksesories pendukungnya atau garansi tambahannya. Untuk notebook, budget yang dikeluarkan harus lebih ekstra untuk membeli dongle atau modem USB untuk terkoneksi ke Internet. Seringkali, perbedaan harga terletak pada merek dan beberapa fitur yang dimilikinya. Salah satu keuntungan membeli tablet keluaran merek terkenal adalah dukungan purna jual serta nilai jual kembali yang lebih baik. Sedangkan untuk notebook, mengingat spesifikasinya yang cenderung lebih seragam, merek, desain, dan harga akan menjadi pertimbangan yang utama.


3.Seberapa tinggi mobilitas?

       Mungkin ini jadi pertimbangan yang paling menentukan. Bagi yang sering bepergian, notebook cukup membebani karna ukuran dan bobotnya. Apalagi dalam waktu yang cukup lama. Jika mobilitas tinggi dan kebutuhan hanya sekadar untuk presentasi atau mengakses Internet saja, maka tablet PC merupakan pilihan yang bijaksana. Selain ringan, tablet PC juga lebih dingin sehingga tidak masalah jika lupa dimatikan saat ada di dalam tas. Daya tahan baterai yang panjang serta waktu menyala yang singkat juga menjadi nilai tambah yang patut diperhitungkan.

      Jadi kesimpulannya tablet PC boleh dibilang masih tergolong pendatang baru, sehingga perkembangannya masih dalam tahap awal. Ke depan, dan nantinya akan memiliki kemampuan dan kegunaan yang lebih banyak. Baik notebook dan tablet memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri, jadi pastikan saja tidak salah pilih. From.

Semoga Bermanfaat,,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Kamera Berdasarkan Sistem Kerjanya dan Kategori Kamera Digital

KEMAMPUAN MULTIMEDIA

Perbedaan dan persamaan CMYK dan RGB